DPL HARUS SIAP BEKERJA

Pembekalan untuk Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilaksanakan oleh Panitia KKN pada tanggal 14 Juni bertempat di gedung J. Pembekalan dibuka oleh Ketua LPPM UMP Dr. Suwarno.M.Si. Suwarno menyampaikan bahwa setiap periode KKN calon DPL wajib mengikuti pembekalan karena setiap periode temanya berbeda. Disampaikan oleh Suwarno bahwa pada periode sekarang ada 3 jenis KKN yang diselenggarakan oleh LPPM yaitu KKN 3T yang ditempatkan di Sorong, KKN MAS (Muhammadiyah dan Aisyiah) ditempatkan di Lombok dan KKN reguler ditempatkan di Brebes, Banjarnegara, Pemalang, Wonosobo dan Kebumen. Pembekalan KKN kali ini diikuti oleh 38 orang yang berasal dari lintas prodi di UMP.

 

Kegiatan pembekalan diisi oleh panitia KKN Drs.Sri Harmianto,M.Pd sebagai Sekretaris Panitia KKN dan dipandu oleh Sekretaris LPPM Dr.Agus Mulyadi P,MP. Sri Harmianto menyampaikan tentang tugas dan tanggung jawab DPL, dan Slamet,S.Kom memberikan teknis pengisian logbook on line. (Eka.PGSD UMP)


Gambar 1. Pebukaan oleh Ketua LPPM UMP.


Gambar 2. Keseriusan calon DPL mendengarkan sambutan ketua LPPM


Gambar 3. Calon DPL mendengarkan penjelasan Panitia tentang tugas dan tanggung jawab DPL.

3 KECAMATAN KEBUMÈN LOKASI KKN 2021

LPPM UMP Jumat 23 April 2021 kedatangan tamu dari utusan PEMDA Kebumen. PEMDA yang diwakili oleh Devi Arifin Setyo Purwoko,S.SiT (Kasubag Kesra) dan Haryanto,AMD.Or diterima oleh Ketua LPPM Dr.Suwarno,M.Si, Sekretaris LPPM Dr.Agus Mulyadi Purnwanto,MP, Korbid Pengabdian Muchammad Agung Miftahuddin,SE,M.Si, Korlap Kebumèn Drs. K.Iswasta Eka,M.Si. Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan KKN di Kebumen bulan Juli-Agustus.

Berdasarkan data desa sasaran di masing-masing kecamtan LPPM UMP mengusulkan untuk menggunakan Kecamatan Puring, Kecamatan Buayan dan Kecamatan Rowokele. Pemilihan wilayah kecamatan ini dengan mempertimbangkan jumlah desa sasaran yang disodorkan oleh Pemda Kebumen. Menanggapi usulan tersebut Devi menyerahkan sepenuhnya kepada pihak LPPM, namun demikian kepastian wilayah yang akan dipakai menunggu kepastian hasil rapat koordinasi setelah lebaran.

Dalam pertemuan ini disampaikan juga bahwa direncanakan mahasiswa peserta KKN berjumlah sekitar 360 orang dan akan disebar ke 36 desa. Kepastian nama-nama desa belum bisa dibicarakan karena menunggu survei lokasi lebih lanjut. Hasil kunjungan ini juga menghasilkan pemahaman untuk mengadakan expo setelah KKN dengan mengundang stake holder yang terlibat agar bisa mengembangkan atau meneruska hasil kerja KKN yang bisa ditindaklanjuti,khususnya untuk produk yang melibatkan UMKM. (Eka PGSD UMP)

EVALUASI KKN TAHAP AKHIR

Hasil KKN yang berupa nilai akhir yang dtunggu-tunggu mahasiswa hari ini Selasa 20 April 2021 dibicara oleh tim KKN bersama pada Dekan yang mengirimkan mahasiswanya untuk KKN.Rapat evaluasi ini dihadir oleh semua Dekan di lingkungan UMP secara lengkap. Rapat evaluasi dihadiri oleh Ketua LPPM bersama tim KKN secara lengkap. Rapat evaluasi yang dipimpin dan dibuka oleh Ketua Panitia KKN UMP Dr. Agung DA diawali dengan pengarahan dari Ketua LPPM Dr.Suwarno,M.Si.

Suwarno dalam pengarahannya menyampaikan bahwa evaluasi nilai KKN ini adalah untuk meminta tanggapan dan dan persetujuan nilai yang akan diumumkan kepada mahasiswa. Oleh karena itu nilai yang diumumkan adalah nilai final yang sudah terverifikasi mulai dari tingkat DPL sampai Dekan. Perubahan standar nilai yang ada di UMP juga berpengaruh terhadap nilai akhir,khususnya untuk nilai A dan A- yang sebelumnya tidak ada A-. Poin ini menjadi salah satu perbedaan dengan penilaian sebelumnya, akan tetapi karena pada saat awal memang belum ada aturan ini,maka disepakati masih menggunakan standard yang lama.

(Eka PGSD UMP)

Pengarahan dari Ketua LPPM

Penjelasan hasil evaluasi oleh Ketua Panitia KKN

Para Dekan peserta rapat evaluasi

EVALUASI KKN JANUARI 2021

Panitia KKN mengadakan rapat evaluasi nilai mahasiswa pada hari ini tanggal 16 April 2021. Evaluasi dilakukan guna menemukan kendala yang terkait pelaksanaan KKN pada periode Januari-Februari dan komponen penilaian yang perlu dievaluasi bersama-sama. Rapat kali ini dihadiri oleh semua panitia dan DPL KKN.

Dr.Suwarno sebagai Ketua LPPM dalam pengarahannya menyampaikan penghargaan kepada DPL yang berkinerja baik dan sesuai dengan tupoksinya, namun demikian ada juga 1-2 orang yang tidak menjalankan kerjanya sebagai DPL dengan baik. Ketua LPPM juga menemukan ada mahasiswa yang tidak memenuhi syarat dalam menjalankan program kerja KKN, karena waktu yang dihitung dari pengisian logbook masih belum memenuhi syarat waktu yang ditentukan. LPPM juga mengucapkan terima kasih kepada pada DPL yang telah membantu panitia sebagai DPL yang bekerja dengan baik. Disampaikan pula bahwa untuk periode Juli-Agustus LPPM akan melaksanakan KKN di 5 wilayah Kabupaten saja untuk Jawa Tengah sehingga berkurang 3 Kabupaten, tetapi ditambah di luar jawa, karena akan melaksanan KKN di Lombok Barat, Lombok Utara dan Papua.

Dr.Ugung DA sebagai Ketua Panitia KKN menyampaikan bahwa evaluasi saat ini yang utama adalah hasil penilaian untuk peserta KKN. Ugung menyampaikan bahwa komponen nilai KKN diakumulasi dari komponen nilai DPL, Kepala Desa dan Panitia. Semua nilai yang menjadi komponen utama penilaian juga memperhatikan dari isian logbook mahasiswa dan waktu pelaksanaan KKN yang dilakukan mahasiswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tidak semua mahasiswa bisa mendapatkan nilai optimal. (Eka PGSD UMP)


Pengarahan dari Ketua LPPM UMP


 

MEMBANGUN DESA WISATA SUKOMULYO

Desa Sukomulyo adalah sesbuah desa yang berada di wilayah Kebumen, tepatnya di kecamatan Rowokele. Desa ini mempunyai tempat bermain air yang menyenangkan bagi anak-anak, tepatnya berada di bendung selise Bantar dan tempat untuk outbond. Diharapkan lokasi ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata baru, demikian harapan Devi Arifin saat menerima tim LPPM dalam rangka audiensi pelaksanaan KKN periode Juli 2021.

Tim KKN UMP yang terdiri dari Tito Pinandito,ST,MT, Drs.Sri Harmianto,M.Pd, Drs.Karma Iswasta Eka,M.Si melakukan audiensi dengan tim Baperlitbangda Kabupaten Kebumen pada tanggal 18 Maret 2021 untuk membicarakan pelaksanaan KKN periode Juli 2021. Audiensi dilakukan sebagai langkah persiapan agar Pemda Kebumen dapat menetapkan wilayah Kecamatan yang akan digunakan KKN oleh mahasiswa UMP. Tim KKN diterima oleh Devi Arifin Setyo Purwoko,S.SiT selaku Kasubag Kesejahteraan Masyarakat dan Honimah,SE,MM selaku Kasubag Kesejahteraan Sosial.

Dalam kesempatan ini pihak Pemda Kebumen mengharapkan agar UMP dapat mengembangkan desa Sukomulyo sebagai desa wisata air. Adapun wisata air yang diharapkan ddikembangkan adalah area bendungan Slice Bantar yang selama digunakan anak-anak untuk mandi dan berenang. Selain tempat tersebut yang berdekatan dengan slice Bantar adalah bukit Rukem sebagai area outbond yang berada di atasnya.

Hasil kunjungan awal Tim ke lokasi setelah audiensi mendapatkan gambaran bahwa salah satu kendala yang nantinya dihadapi adalah infrastruktur. Infrastruktur menuju destinasi yang ingin dikembangkan memang masih kurang memadai untuk kendaraan roda empat, selain lokasi parkir. Oleh karena itu alternatif yang bisa ditempuh dengan model parkir terpusat untuk kendaraan roda empat dan dilanjutkan dengan angkutan khusus seperti mobil off road ke lokasi wisata. Oleh karena itu untuk menuju desa wisata air membutuhkan waktu yang tidak pendek, sehingga dibutuhkan kerjasama dan koordinasi berbagai pihak untuk menyediakan sarana dan prasarana.

(Eka-PGSD UMP)

Gambar 1. Pembicaraan Tim KKN bersama Tim Baperlitbangda Kebumen di ruang tamu.

Gambar 2. Tim KKN UMP saat berkunjung ke Balaidesa Sukomulyo ditemui Sekdes Sukomulyo Suparyono.

Gambar 3. Lokasi yang diharapkan menjadi destinasi wisata air.

 

Tautan

                                                                                 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. K.H Ahmad Dahlan PO BOX 202 Purwokerto 53182
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.