Tautan

 

 

Arsip Berita

Meningkatkan Kinerja LPPM Melalui Road Show

Meningkatkan Kinerja LPPM Melalui Road Show

LPPM UMP dalam rangka meningkatkan kinerja dosen di bidang Penelitian...

LITERASI DI PEMALANG, MENGANGKAT WARGA MISKIN DI PURBALINGGA

LITERASI DI PEMALANG, MENGANGKAT WARGA MISKIN DI PURBALINGGA

Mahasiswa KKN Kabupaten Pemalang hari Senin tanggal 5 Januari melaksanakan...

Implementasi Ukhuwah Islamiyah di tahun Politik

Implementasi Ukhuwah Islamiyah di tahun Politik

Kecamatan Kutasari mengadakan pengajian akbar pada tanggal 19 Januari bertempat...

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Mahasiswa KKN Internasional dan KKN kebencanaan secara resmi telah diserah...

Meningkatkan Kinerja LPPM Melalui Road Show

LPPM UMP dalam rangka meningkatkan kinerja dosen di bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bulan Maret ini mengadakan road show ke semua Fakultas-Fakultas. Road show yang sudah dilaksanakan sejak awal Maret pada tanggal 20 Maret melaksanakan di Fakultas Teknik. Pelaksanaan road show di FT di pimpin sendiri oleh Ketua LPPM Dr.Suwarno bersama Dr. Ugung dan Karma Iswasta Eka,M.Si. Road show di FT dihadiri oleh unsur pimpinan lengkap.

Dalam penjelasannya Suwarno menjelaskan yang terkait dengan struktur LPPM dan kinerjanya. Dalam kesempatan ini juga disampikan bagaimana kinerja LPPM di bidang penelitian dan abdimas. Diharapkan agar ada peningkatan kinerja dosen di bidang penelitian dan abdimas mengingat penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan di UMP masih belum sesuai yang diharapkan, sehingga dosen di semua fakultas perlu dipacu. Road show LPPM merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian. 

Dalam kegiatan iini disampaikan juga bagaimana meraih dana hibah dari DIKTi, salah satunya dengan mengikuti tren terkini. Tren terkini yang perlu diperhatikan adalah Hilirisasi penelitian, hilirisasi penelitian menjadi produk komersial, penelitian berbasis luaran dan penelitian inovatif berpotensi KI.

Penjelasan yang disampaikan LPPM selain  peneltian dan pengabdian juga disampaikan tentang HAKI yang disampaikan Ugung. Dalam penjelasan tentang HAKI disampaikan alur permohonan HAKI dan Paten dan bagaimana trik untuk mengajukan agar cepat diproses. FT mempunyai peluang untuk mendapatkan Paten,khususnya untuk Teknik Kimia. 





LITERASI DI PEMALANG, MENGANGKAT WARGA MISKIN DI PURBALINGGA

Mahasiswa KKN Kabupaten Pemalang hari Senin tanggal 5 Januari melaksanakan expo sekaligus upacara penarikan,sedang Kabupaten Purbalingga m elaksanaakan expo dan penarikaan hari Rabu tanggal 6 Februari 2019 bertempat di Pewndopo Kecamatan Bukateja.  

Laporan Korkab Kabupaten Pemalang Juanda Caesar menyyampaikan bahwa program utama mahasiswa KKN yang dilaksanakan di Pemaalang yaitu  memberdayakan kegiatan dengan total anggaran 220 juta,dari kabupaten 50 juta dari lppm 5 juta.

Sambutan kepala BAPPEDA Kabupaten Pemalangyang  dibacakan oleh Titien Subari,PhD.MEng menyatakan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah berhasil memberdayakan masyarakat. Proses pengayaan melalui program KKN yang melibatkan mahasiswa di dunia nyata dari dunia kampus memberikan transfer pengetahuan di dunia nyata. Hasil monitoring kabupaten menyatakan hasil KKN UMP dinyatakan memuaskan, hal ini terbukti dengan banyaknya transfer pengetahuan serta inovasi produk dari mahasiswa kepada masyarakat. Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang dalam hal ini menyampaikan ucapan terimakasih.

Laporan Korkab Purbalingga  Alan Darmajaya menyamoaikan bahwa kegiatan KKN kali ini dititip beratkan pada program kesehatan, kkn kemiskinan dan pengembangan teknologi tepat guna. Dari semua kegiatan tital dana terserap 148 jt tersebar di 5 kecamatan KKN dengan 184 program kerja. Program unggulan yaitu pengentasan kemiskinan dan kewirausahaan di kecamatan Kejobong.

Trigunawan Setiadi,SH,MH ,Asisten Administrasi Umum Sekda Purbalingga yang membacakan sambutan Bupati yang membacakan sambutan Bupati menyampaikan Pemda Kabupaten Purbalingga mengucapkan terima kasih,terutama dalam programnya yang membantu pengentasan kemiskinan melalui kewirausahaan dan renovasi rumah tidak layak huni. Selain program tersebut, ptogram pembwrdayaan masyarakat yang secara fisik tidak nampak,tetapi akan berdampak dalam jangka panjang untuk menanggulangi kemiskinan yang ada di Purbalingga,sehingga mendorong akselerasi pembangunan dengan menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan indeks pembangunan. Penurunan angka kemiskinan dengan kegiatan KKN sangat signifikan yang pada tahun 2017 indek kemiskinan mencapai 17 pct pada tahun 2018 turun menjadi 18 pct.

 

Dr.Jebul Suroso,M.Kes yang menjadi Wakil Rektor 4 mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya kepada mahasiswa yang mempunyai program cukup inovatif dan kreatif, mulai dari renovasi rumah tidak layak huni sampai membranding produk lokal yang semula tanpa label menjadi makanan kemasan kekinian. Selain itu inovasi produk melalui teknologi tepat guna yang diajarkan sebelum mahasiswa berangkat KKN yang diajarkan Drs.Karma Iswasta Eka,M.Si, dengan memanfaatkan bahan tidak terpakai seperti sirup kulit pisang,keripik kulit pisang dan lain-lain. Semoga kerjasama UMP dengan Pemkaab Purbalingga akan semakin baik lagi. (Eka.PGSD)

 

 

 

 

 

 

Implementasi Ukhuwah Islamiyah di tahun Politik

Kecamatan Kutasari mengadakan pengajian akbar pada tanggal 19 Januari bertempat di Masjid Baiturrohman  dengan pembicara Ahmad Husein,S.Ag dari LPPI UMP. Paengajian yang dihadiri oleh kurang lebih dua ratusan warga itu mendengarkan tauziah yang membahasa bagaimana bermasyarakat dengan baik dan mempertahankan dan mengamalkan 4 pilar Islam yaitu taaruf, tafahum, ta’awun, takaful. 4 pilar dalam agama inilah yang akan membuat ukhuwah Islamiyah makin kokoh dan menunjukkan sebagai sifat seorang mukmin yang menjalankan apa yang diperintahkan agama. Dengan demikian maka akan bisa menetralisir hal-hal yang bisa memperkeruh suasana,apalagi pada tahun politik yang demikian hangat. Oleh karena itu hal-hal yang bersifat furuiyah atau khilafiah tidak perlu dipertentangkan, karena Islam juga menghargai adanya perbedaan, sehingga ukhuwah Islamiyah bisa diimplementasikan dengan baik. 

Pengajian ini juga dihadiri oleh Ketua LPPM Dr.Suwarno,M.Si, Korbid Pengabdian Suwarsito,M.Pi dan Ketua PSL Drs. Karma Iswasta Eka,M.Si. Pengajian dimulai pada pukul 19.30 dilaksanakan setelah melaksanakan sholat Isya berjamaah. Pengajian akbar ini merupakan program utama mahasiswa KKN di setiap kecamatan yang bisa dilaksanakan  ditengah-tengah waktu pelaksanaan KKN atau di akhir KKN (ekapgsdump).

 

 

 

 

 

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Mahasiswa KKN Internasional dan KKN kebencanaan secara resmi telah diserah kepada   Koordinator posko di masing-masing lokasi KKN pada tanggal 12 Januari 2019. KKN Internasional diserahkan secara resmi oleh Drs.Karma Iswasta Eka,M.Si mewakili LPPM dan Drs.Sri Harmianto,M.Pd mewakili panitia KKN kepada Dr. Sonny Zulhuda selaku Ketua PCIM Malaysia bertempat di Kantor Kampung Bahru Kualalummpur, sedangkan KKN Kebencanaan diserahkan oleh Dr.Anjar Nugroho,Wakil Rektor 1 mewakili UMP dan Dr.Suwarno yang menjabat Ketua LPPM UMP bertempat di Palu. Mahasiswa KKN Internasional berjumlah 16 mahasiswa dan KKN Kebencanaan berjumlah 17 orang.

Dalam sambutannya Sonny menyampaikan bahwa PCIM Kualalumpour memiliki 7 ranting Muhammadiyah dan 7 ranting Aisyiyah. Singkatan yang unik adalah adanya PRIA yang anggotanya perempuan semua, karena PRIA singkatan dari Pimpinan Ranting Istimewa Aisyiyah, dan secara kebetulan Pimpinan PCIM dijabat oleh Sonny dan PRIA dijabat oleh istrinya sendiri,seperti pimpinan pusatnya.

Ada beberapa kegiatan yang nantinya bisa dikembangkan dan dikerjakan oleh mahasiswa selama KKN di PCIM Kualalumpur, yaitu membantu menertibkan perpusatkaan yag dimmiliki oleh PCIM dengan kodifikaasi,penyusunan data base warga Muhammadiyah di Kualalumpur,membantu pengembangan dakwah, berkunjung ke Kedutaan Besar Indonesia, membantu pembelajaran TPA yang saat ini mempunyai 70 murid baik warga pendatang maupun warga tempatan. Selain kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam membantu pengemmbangan PCIM,pimpinan PCIM Kualalumpur juga mengharapkan ada ilmu yang bisa dibawa pulang oleh mahasiswa Indonesia,misalnya ilmu Bekam,akupunctur,kewirausahaan dan lainnyya,dan semua itu akan difasilitasi,karena yangf akan mengajarkan juga warga Muhammadiyah sendiri yang berada di Kualalumpur dan sekitarnya. Dengan program seperti ini diharapkan ada keuntungan timbal balik antara mahasiswa dan waarga Muhammadiyah yang berada di Kualalumpur (eka.pgsd ump) 



Suasana saat penyerahan di kantor PCIM


Area Kampung Bahru dengan latar belakang gedung pencakar langit jauh di belakang

Mahasiswa peserta KKN Internasional di kantor yang dijadikan posko sebelum ditinggalkan pengantar

KAMPUNG IT DAN KAMPUNG LITERASI

Pelepasan KKN  periode seemster Genap tahun ajaran 2018/2019 bukan Januari 2019 dilepas secara resmi oleh WR 3 bertempat di halaman parkir pusat UMP. Menurut Ketua LPPM Dr.Suwarno,  pelepasan dilaksanakan di tempat halaman parkir karena jika dilaksanakan di lapangan pada musim hujan akan berdampak pada ketertiban peserta kkn jika tiba-tiba hujan,karena dilaksanakan pada sore hari.

KKN ini diikuti oleh peserta di 7 kecamatan dan 472 mahasiswa,terbagi dalam beberapa kelompok,yaitu KKN Kemiskinan di Kecamatan Kejobong, KKN Reguler diikuti 384 mhs ditempatkan di kabupaten Pemalang dan Purbalingga, KKN Internasional yang ditempatkan di PCIM Kualalumpur dan KKN kebencanaan ditempatkan di Palu. Pelaksanaan KKN reguler dimulai 5 Januari s/d 5 Februari, KKN Internasional dan kebencanaa diberangkatkan 12 Januari dan ditarik kembali tgl 7 Februari 2017.

Wakil Rektor 3 mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN adalah latihan untuk mengabdi, oleh karena mahasiswa harus memperhatikan untu belajar bergaul dengan masyarakat. Mahasiswa ketika akan terjun sudah mulai merencsnakan apa yang akan dilakukan,itulah ciri mahasiswa KKN di UMP yang berbeda dengan PT lain. Selain melaksanakan program yang sudah direncanakan,diharapkan mahasiswa bisa beradaptasi dengan kondisi masyarakat yang ada di tempat kkn,khususnya peserta kkn kebencanaan dan internasional yang berbeda dengan budaya masyarakatnya.

Wakil Rektor 3 Ir.Aman Suyadi,MP dalam sambutan penyerahan mahasiswa KKN Kecamatan Moga dan Pulosari yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Moga mengharapkan akan ada kerjasama yang lebih baik lagi,bukan hanya bidang pengabdian melalui KKN.Salah satu kerjasama yang bisa ditindaklanjuti mislanya penyelenggaraan perluliahan melalui program PSDU. Dalam hal KKN saat ini mahasiswa yang diterjunkan di Kecamatan Moga dan Kecamatan Pulosari sejumlah 234 terbagi dalam 23 desa yang masing-masing desa ditempati antara 10-11 mahasiswa. Aman Suyadi mengharapkan agar para kades dapat memberdayakan mahasiswa dalam pelaksanaan program desa yang sudah dirancang. 

Pelaksanaan penyerahan di kecamatan Moga kepada Bupati yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bapeda Pemalang Drs.Joko Siwanto. Bupati Pemalang dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bapeda mengharapkan para peserta dapat memahami karakteristik dan potensi desa yang ditempati KKN. Selain itu sesuai dengan program Pemda tentang Kampung IT maka tema KKN yaitu kampung literasi dapat mendukung untuk menyukseskan program yang dicanangkan PEMDA (Eka.PGSD UMP)

 

Sambutan penyerahan mahasiswa oleh Wakil Rektor 3 Ir.Aman Suyadi,MP

 

 

 

Pemakaian jaket sebagai simbol pelaksanaan KKN secara resmi