Tautan

 

 

Arsip Berita

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Mahasiswa KKN Internasional dan KKN kebencanaan secara resmi telah diserah...

KAMPUNG IT DAN KAMPUNG LITERASI

KAMPUNG IT DAN KAMPUNG LITERASI

Pelepasan KKN  periode seemster Genap tahun ajaran 2018/2019 bukan Januari...

JOIN RESEARCH UMP DENGAN UTP ON PROCCESS

JOIN RESEARCH UMP DENGAN UTP ON PROCCESS

LPPM menjalin kerjasama di bidang riset dengan University Teknologi Petronas...

Joint Agrement LPPM UMP dengan PCIM Malaysia

Joint Agrement LPPM UMP dengan PCIM Malaysia

LPPM tanggal 15 Desember 2018 mengadakan kunjungan ke PCIM Malaysia...

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Mahasiswa KKN Internasional dan KKN kebencanaan secara resmi telah diserah kepada   Koordinator posko di masing-masing lokasi KKN pada tanggal 12 Januari 2019. KKN Internasional diserahkan secara resmi oleh Drs.Karma Iswasta Eka,M.Si mewakili LPPM dan Drs.Sri Harmianto,M.Pd mewakili panitia KKN kepada Dr. Sonny Zulhuda selaku Ketua PCIM Malaysia bertempat di Kantor Kampung Bahru Kualalummpur, sedangkan KKN Kebencanaan diserahkan oleh Dr.Anjar Nugroho,Wakil Rektor 1 mewakili UMP dan Dr.Suwarno yang menjabat Ketua LPPM UMP bertempat di Palu. Mahasiswa KKN Internasional berjumlah 16 mahasiswa dan KKN Kebencanaan berjumlah 17 orang.

Dalam sambutannya Sonny menyampaikan bahwa PCIM Kualalumpour memiliki 7 ranting Muhammadiyah dan 7 ranting Aisyiyah. Singkatan yang unik adalah adanya PRIA yang anggotanya perempuan semua, karena PRIA singkatan dari Pimpinan Ranting Istimewa Aisyiyah, dan secara kebetulan Pimpinan PCIM dijabat oleh Sonny dan PRIA dijabat oleh istrinya sendiri,seperti pimpinan pusatnya.

Ada beberapa kegiatan yang nantinya bisa dikembangkan dan dikerjakan oleh mahasiswa selama KKN di PCIM Kualalumpur, yaitu membantu menertibkan perpusatkaan yag dimmiliki oleh PCIM dengan kodifikaasi,penyusunan data base warga Muhammadiyah di Kualalumpur,membantu pengembangan dakwah, berkunjung ke Kedutaan Besar Indonesia, membantu pembelajaran TPA yang saat ini mempunyai 70 murid baik warga pendatang maupun warga tempatan. Selain kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam membantu pengemmbangan PCIM,pimpinan PCIM Kualalumpur juga mengharapkan ada ilmu yang bisa dibawa pulang oleh mahasiswa Indonesia,misalnya ilmu Bekam,akupunctur,kewirausahaan dan lainnyya,dan semua itu akan difasilitasi,karena yangf akan mengajarkan juga warga Muhammadiyah sendiri yang berada di Kualalumpur dan sekitarnya. Dengan program seperti ini diharapkan ada keuntungan timbal balik antara mahasiswa dan waarga Muhammadiyah yang berada di Kualalumpur (eka.pgsd ump) 



Suasana saat penyerahan di kantor PCIM


Area Kampung Bahru dengan latar belakang gedung pencakar langit jauh di belakang

Mahasiswa peserta KKN Internasional di kantor yang dijadikan posko sebelum ditinggalkan pengantar

KAMPUNG IT DAN KAMPUNG LITERASI

Pelepasan KKN  periode seemster Genap tahun ajaran 2018/2019 bukan Januari 2019 dilepas secara resmi oleh WR 3 bertempat di halaman parkir pusat UMP. Menurut Ketua LPPM Dr.Suwarno,  pelepasan dilaksanakan di tempat halaman parkir karena jika dilaksanakan di lapangan pada musim hujan akan berdampak pada ketertiban peserta kkn jika tiba-tiba hujan,karena dilaksanakan pada sore hari.

KKN ini diikuti oleh peserta di 7 kecamatan dan 472 mahasiswa,terbagi dalam beberapa kelompok,yaitu KKN Kemiskinan di Kecamatan Kejobong, KKN Reguler diikuti 384 mhs ditempatkan di kabupaten Pemalang dan Purbalingga, KKN Internasional yang ditempatkan di PCIM Kualalumpur dan KKN kebencanaan ditempatkan di Palu. Pelaksanaan KKN reguler dimulai 5 Januari s/d 5 Februari, KKN Internasional dan kebencanaa diberangkatkan 12 Januari dan ditarik kembali tgl 7 Februari 2017.

Wakil Rektor 3 mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN adalah latihan untuk mengabdi, oleh karena mahasiswa harus memperhatikan untu belajar bergaul dengan masyarakat. Mahasiswa ketika akan terjun sudah mulai merencsnakan apa yang akan dilakukan,itulah ciri mahasiswa KKN di UMP yang berbeda dengan PT lain. Selain melaksanakan program yang sudah direncanakan,diharapkan mahasiswa bisa beradaptasi dengan kondisi masyarakat yang ada di tempat kkn,khususnya peserta kkn kebencanaan dan internasional yang berbeda dengan budaya masyarakatnya.

Wakil Rektor 3 Ir.Aman Suyadi,MP dalam sambutan penyerahan mahasiswa KKN Kecamatan Moga dan Pulosari yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Moga mengharapkan akan ada kerjasama yang lebih baik lagi,bukan hanya bidang pengabdian melalui KKN.Salah satu kerjasama yang bisa ditindaklanjuti mislanya penyelenggaraan perluliahan melalui program PSDU. Dalam hal KKN saat ini mahasiswa yang diterjunkan di Kecamatan Moga dan Kecamatan Pulosari sejumlah 234 terbagi dalam 23 desa yang masing-masing desa ditempati antara 10-11 mahasiswa. Aman Suyadi mengharapkan agar para kades dapat memberdayakan mahasiswa dalam pelaksanaan program desa yang sudah dirancang. 

Pelaksanaan penyerahan di kecamatan Moga kepada Bupati yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bapeda Pemalang Drs.Joko Siwanto. Bupati Pemalang dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bapeda mengharapkan para peserta dapat memahami karakteristik dan potensi desa yang ditempati KKN. Selain itu sesuai dengan program Pemda tentang Kampung IT maka tema KKN yaitu kampung literasi dapat mendukung untuk menyukseskan program yang dicanangkan PEMDA (Eka.PGSD UMP)

 

Sambutan penyerahan mahasiswa oleh Wakil Rektor 3 Ir.Aman Suyadi,MP

 

 

 

Pemakaian jaket sebagai simbol pelaksanaan KKN secara resmi

  

 

JOIN RESEARCH UMP DENGAN UTP ON PROCCESS

LPPM menjalin kerjasama di bidang riset dengan University Teknologi Petronas mulai periode 2018 ini. Penanda tanganan join riset dilaksanakan tanggal 17 Desember 2018 bertempat di Gedung Pusat UPT oleh Wakil Rektor 1 UMP bersama Dr.Prof. Dr.Azmi Mohd Shariff,Director Institute of Contaminant Management.

UTP yang berada di Perak mempunyai 413 staf akademik dan 7721 mahasiswa dengan 17526 alumni dan mempunyai 6 institusi riset. Acara penanda tanganan yang dilaksanakan di kantor pusat UTP dihadiri oleh Dr.Anjar Nugroho,M.Si,M.Hi sebagai Wakil Rektor 1, Ketua LPPM Dr.Suwarno,. Korbid Penelitian Suwarsito,M.Pi, Korbid Pengabdian Agung Miftahudin,SE,M.Si, Ketua PSLM Drs.K.Iswasta Eka,M.Si dari UMP,sedang dari UTP dihadiri Prof.Dr.Azmi mewakili Pimpinan UTP,Head Stakeholders Management Shariza Mohamed Shudidan, Business Research Alliance and Inteligence for Nexus Research and Innovation,Assoc.Prof.Dr. Muslich Hartadi(Project Manager IMIII), Nor Razmi, Azirasura Tajudin.

Prof.Azmi menyampaikan bahwa salah satu fokus UTP sama dengan UMP yaitu mengembangkan bidang pendidikan selain pengembangan pemanfaatan gas dan minyak. Dalam pengembangan bidang penelitian UTP juga mempunyai kontrak dengan bidang industri, sedang di bidang pendidikan UTP mempunyai Student Inndustrial Internship Programe. Selain dengan UMP yang akan dimulai tahun ini UTP sudah bekkerjasama di bidang penelitian dengan 35 PT lain. Dr.Anjar mewakili UMP menyampaikan bahwa joint research antara LPPM dengan UTP yang sedang on process merupakan langkah awal kerjasama yang baik. Oleh karena itu UMP guna menjalin kerja sama lebih baik lagi menawarkan kerjasama di bidang lain yang programnya sama atau sesuai misalnya dalam hal meningkatkan keahlian staf masing-masing perguruan tinggi.

Suwarno menyampaikan juga bahwa UMP mempunyai program KKN Internasional atau yang disebut sebagai community service, yang sudah dilaksanakan di Johor dan bulan Januari 2019 nanti di Kualalumpur. Oleh karena itu dimungkinkan ke depan bisa dikerjasamakan dengan UTP. Kerjasama lain yang bisa dilakukan juga diantaranya bimbingan teknis untuk penulisan jurnal terindex,mengingat UTP mempunyai rank sangat baik, demikian pula join pelaksanaan seminar internasional.

 

 

Prof.Dr. Azmi dari UTP menyambut tim dari UMP

 

 

Tim dari UTP dalam penandatanganan Join agreement.

 

 

Foto berama di depan ruang pertemuan

Joint Agrement LPPM UMP dengan PCIM Malaysia

LPPM tanggal 15 Desember 2018 mengadakan kunjungan ke PCIM Malaysia dalam rangka menjalin kerjasama untuk pelaksanaan KKN Internasional di Malaysia. Kegiatan ini diikuti staf lengkap dari LPPM  bersama Wakil Rektor 1 Dr.Anjar Nugroho,M.Si,M.Hi. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PCIM Malaysia. Sony beserta pengurus PCIM Malaysia dan PRIM di Malaysia. 

Dalam sambutannya Soni Zulhuda menyampaikan harapan agar kunjungan LPPM UMP dapat membantu mengembangkan kegiatan yang diadakan di PCIM Malaysia. Selain itu diharapkan juga agar kerjasama UMP dapat dilaksanakan untuk bidang-bidang yang lain. Menyambut harapan Ketua PCIM Malaysia tersebut WR 1 menyambut baik harapan tersebut,karena UMP juga berkeinginan agar kegiatan KKN Internasional yang dilaksanakan oleh LPPM UMP tidak hanya di satu tempat saja mengingat animo peserta KKN Internasional semakin banyak, tetapi juga bisa dilaksanakan di tempat lain.

Ketua LPPM Dr. Suwarno,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN Internasional yang akan ditempatkan selama 25 hari di Malaysia diharapkan bisa melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan di PCIM Malaysia, oleh karena itu sebelum mahasiswa diterjunkan harus sudah ada kepastian terkait dengan perijinan, tempat tinggal dan living cost mahasiswa selama berada di Malaysia. Diharapkan juga sudah ada komunikasi terkait dengan program mahasiswa bersinergi dengan masyarakat setempat dalam hal program keahlian,program keagamaan dan program seni,sosial dan budaya.

Agenda kegiatan untuk menyepakati pemahaman bersama tentang KKN Internasional ini dihadiri oleh STAF LPPM UMP lengkap dengan perakilan PRIM dan PCIM Malaysia yang berjumlah 20-an orang dan telah diperoleh kesepakatan bagaimana pelaksanaan KKN di Malaysia. Dalam kegiatan ini PCIM juga akan melibatkan pereakilan IMM Malysia untuk membantu pelaksanaan KKN Internasional.

(eka pgsd ump)

 

 

 

 

 

 

 

Ketua PCIM Malaysia saat memberi sambutan duduk disamping WR 1 UMP

 

 

Pemberian kenang-kenangan oleh Ketua LPPM kepada Ketua PCIM Malaysia

 

 

 

Foto bersama sesuai penanda tanganan joint agrement antara LPPM UMP dengan PCIM Malaysia

KKN UMP MEMPUNYAI KEUNGGULAN

Mahasiswa peserta KKN Reguler,KKN Kebencanaan dan KKN Internasional sebanyak.... Mengikuti pembekalan mulai Hari Jumat 7 Desember 2018 sampai dengan 9 Desember 2018 bertempat di Aula AK Anshori. Pembekalan yang merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa sebelum diterjunkan KKN bertujuan untuk memberikan pemahaman yang terkait dengan kondisi kewilayahan,potensi desa yang harus dikembangkan dan bagiamana peran serta mahasiswa untuk mengembangkan desa lokasi KKN.

Pembekalan KKN  secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor bidang III Ir.Aman Suyadi,MP. Pembukaan pembekalan jugadihadiri oleh Ketua LPPM Dr. Suwarno,M.Si beserta tim LLPM, Ketua Panitia Tito Pinandito,MT. Dalam laporannya Ketua LPPM menyampaikan bahwa peserta KKN sejumlah 478 dan akan ditempatkan di Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Purbalingga. LPPM UMP menempatkan mahasiswa di lokasi Kabupaten Pemalang menjadi peserta KKN pertama yang ditempatkan karena baru tahun ini Pemalang dipakai KKN oleh mahasiswa UMP. Dari 478 mahasiswa peserta KKN 7 orang mengikuti KKN Kebencanaan dan 12 orang mengikuti KKN Internasional.

Dalam sambutannya Wakil Rektor UMP menyampaikan bahwa KKN lebih unggul dibanding yang lain karena mahasiswa sebelum diterjunkan dan sebelum menyusun proposal sudah melakukan observasi,sehingga apa yang akan dilakukan sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan di lapangan. Keunggulan kedua mahasiswa KKN UMP juga dibekali dengan keterampilan Teknologi Tepat Guna, karena banyak yang sangat dibutuhkan di lokasi KKN.

(By: Ekapgsdump)
 
 
 
 
 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239