Tautan

 

 

Arsip Berita

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Penyerahan KKN Internasional dan KKN Kebencanaan

Mahasiswa KKN Internasional dan KKN kebencanaan secara resmi telah diserah...

KAMPUNG IT DAN KAMPUNG LITERASI

KAMPUNG IT DAN KAMPUNG LITERASI

Pelepasan KKN  periode seemster Genap tahun ajaran 2018/2019 bukan Januari...

JOIN RESEARCH UMP DENGAN UTP ON PROCCESS

JOIN RESEARCH UMP DENGAN UTP ON PROCCESS

LPPM menjalin kerjasama di bidang riset dengan University Teknologi Petronas...

Joint Agrement LPPM UMP dengan PCIM Malaysia

Joint Agrement LPPM UMP dengan PCIM Malaysia

LPPM tanggal 15 Desember 2018 mengadakan kunjungan ke PCIM Malaysia...

KAMPUNG IT DAN KAMPUNG LITERASI

Pelepasan KKN  periode seemster Genap tahun ajaran 2018/2019 bukan Januari 2019 dilepas secara resmi oleh WR 3 bertempat di halaman parkir pusat UMP. Menurut Ketua LPPM Dr.Suwarno,  pelepasan dilaksanakan di tempat halaman parkir karena jika dilaksanakan di lapangan pada musim hujan akan berdampak pada ketertiban peserta kkn jika tiba-tiba hujan,karena dilaksanakan pada sore hari.

KKN ini diikuti oleh peserta di 7 kecamatan dan 472 mahasiswa,terbagi dalam beberapa kelompok,yaitu KKN Kemiskinan di Kecamatan Kejobong, KKN Reguler diikuti 384 mhs ditempatkan di kabupaten Pemalang dan Purbalingga, KKN Internasional yang ditempatkan di PCIM Kualalumpur dan KKN kebencanaan ditempatkan di Palu. Pelaksanaan KKN reguler dimulai 5 Januari s/d 5 Februari, KKN Internasional dan kebencanaa diberangkatkan 12 Januari dan ditarik kembali tgl 7 Februari 2017.

Wakil Rektor 3 mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN adalah latihan untuk mengabdi, oleh karena mahasiswa harus memperhatikan untu belajar bergaul dengan masyarakat. Mahasiswa ketika akan terjun sudah mulai merencsnakan apa yang akan dilakukan,itulah ciri mahasiswa KKN di UMP yang berbeda dengan PT lain. Selain melaksanakan program yang sudah direncanakan,diharapkan mahasiswa bisa beradaptasi dengan kondisi masyarakat yang ada di tempat kkn,khususnya peserta kkn kebencanaan dan internasional yang berbeda dengan budaya masyarakatnya.

Wakil Rektor 3 Ir.Aman Suyadi,MP dalam sambutan penyerahan mahasiswa KKN Kecamatan Moga dan Pulosari yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Moga mengharapkan akan ada kerjasama yang lebih baik lagi,bukan hanya bidang pengabdian melalui KKN.Salah satu kerjasama yang bisa ditindaklanjuti mislanya penyelenggaraan perluliahan melalui program PSDU. Dalam hal KKN saat ini mahasiswa yang diterjunkan di Kecamatan Moga dan Kecamatan Pulosari sejumlah 234 terbagi dalam 23 desa yang masing-masing desa ditempati antara 10-11 mahasiswa. Aman Suyadi mengharapkan agar para kades dapat memberdayakan mahasiswa dalam pelaksanaan program desa yang sudah dirancang. 

Pelaksanaan penyerahan di kecamatan Moga kepada Bupati yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bapeda Pemalang Drs.Joko Siwanto. Bupati Pemalang dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bapeda mengharapkan para peserta dapat memahami karakteristik dan potensi desa yang ditempati KKN. Selain itu sesuai dengan program Pemda tentang Kampung IT maka tema KKN yaitu kampung literasi dapat mendukung untuk menyukseskan program yang dicanangkan PEMDA (Eka.PGSD UMP)

 

Sambutan penyerahan mahasiswa oleh Wakil Rektor 3 Ir.Aman Suyadi,MP

 

 

 

Pemakaian jaket sebagai simbol pelaksanaan KKN secara resmi

  

 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239