Penguatan Paguyuban AWP dengan Pelatihan Inovasi Produk dan Ekonomi Kreatif

Mahasiswa KKN Alternatif Pemalang 3 FakuItas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, Nur Isna Inayati, S.ST., M.Si., dan  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  mengadakan kegiatan pelatihan inovasi produk makanan dalam rangka penguatan ekonomi Paguyuban AWP (Asli Wong Pener) di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja dari KKN Alternatif Pemalang 3 . Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah anggota paguyuban di Desa Pener dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Dalam kegiatan tersebut, anggota paguyuban dilatih untuk membuat produk makanan berupa Keripik Tempe Aci. Keripik Tempe Aci dipilih karena banyak diminati oleh warga sekitar. Banyaknya pengrajin tempe di Desa Pener, juga memudahkan bahan baku tempe untuk didapatkan.

"Kami mengusulkan Keripik Tempe Aci karena bahan baku yang mudah diolah dan banyak tersedia di pengrajin tempe di Desa Pener. Sehingga sekaligus dapat membantu para pedagang tempe di lingkungan sekitar," begitu kata Valentino Dicky Fernanda, Ketua KKN alternatif Pemalang 3. Selain dilatih menginovasi produk, Mahasiswa KKN Pemalang 3, UMP juga memberikan pelatihan ekonomi kreatif kepada Paguyuban AWP. Mahasiswa memberikan kiat-kiat berbisnis dan mengelola ekonomi di tengah pandemi. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para pengrajin tempe Desa Pener dan Paguyuban AWP (Asli Wong Pener) di masa pandemi seperti sekarang ini.


Ketua AWP (Asli Wong Pener) Puji Priyanto (21), mengatakan bahwa kegiatan pelatihan inovasi produk dan ekonomi kreatif sangat bermanfaat bagi paguyuban.

"Kegiatan seperti ini memang sangat membantu kami yang memerlukan terobosan baru untuk meningkatkan perekonomian akibat dampak COVID-19," ujar Puji.

Pada masa pandemi ini memang masyarakat dituntut kreatif dan inovatif untuk tetap bertahan dan eksis. Oleh karena itu,Melalui tema KKN yaitu "Pendampingan UMKM Dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat  Yang Terkena Dampak Covid-19 dan Pelatihan Entrepreneur Pada Paguyuban AWP di Masa Pandemi Covid-19", mahasiswa KKN alternatif Pemalang 3 UMP akan terus memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada Paguyuban AWP mulai dari ekonomi kreatif hingga membangun bisnis dalam paguyuban.(Sumber : Jurnalpemalang.co.id)

(foto : jurnalpemalang.co.id)

 

Tautan

                                                                                 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. K.H Ahmad Dahlan PO BOX 202 Purwokerto 53182
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.