MEMBANGUN DESA WISATA SUKOMULYO

Desa Sukomulyo adalah sesbuah desa yang berada di wilayah Kebumen, tepatnya di kecamatan Rowokele. Desa ini mempunyai tempat bermain air yang menyenangkan bagi anak-anak, tepatnya berada di bendung selise Bantar dan tempat untuk outbond. Diharapkan lokasi ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata baru, demikian harapan Devi Arifin saat menerima tim LPPM dalam rangka audiensi pelaksanaan KKN periode Juli 2021.

Tim KKN UMP yang terdiri dari Tito Pinandito,ST,MT, Drs.Sri Harmianto,M.Pd, Drs.Karma Iswasta Eka,M.Si melakukan audiensi dengan tim Baperlitbangda Kabupaten Kebumen pada tanggal 18 Maret 2021 untuk membicarakan pelaksanaan KKN periode Juli 2021. Audiensi dilakukan sebagai langkah persiapan agar Pemda Kebumen dapat menetapkan wilayah Kecamatan yang akan digunakan KKN oleh mahasiswa UMP. Tim KKN diterima oleh Devi Arifin Setyo Purwoko,S.SiT selaku Kasubag Kesejahteraan Masyarakat dan Honimah,SE,MM selaku Kasubag Kesejahteraan Sosial.

Dalam kesempatan ini pihak Pemda Kebumen mengharapkan agar UMP dapat mengembangkan desa Sukomulyo sebagai desa wisata air. Adapun wisata air yang diharapkan ddikembangkan adalah area bendungan Slice Bantar yang selama digunakan anak-anak untuk mandi dan berenang. Selain tempat tersebut yang berdekatan dengan slice Bantar adalah bukit Rukem sebagai area outbond yang berada di atasnya.

Hasil kunjungan awal Tim ke lokasi setelah audiensi mendapatkan gambaran bahwa salah satu kendala yang nantinya dihadapi adalah infrastruktur. Infrastruktur menuju destinasi yang ingin dikembangkan memang masih kurang memadai untuk kendaraan roda empat, selain lokasi parkir. Oleh karena itu alternatif yang bisa ditempuh dengan model parkir terpusat untuk kendaraan roda empat dan dilanjutkan dengan angkutan khusus seperti mobil off road ke lokasi wisata. Oleh karena itu untuk menuju desa wisata air membutuhkan waktu yang tidak pendek, sehingga dibutuhkan kerjasama dan koordinasi berbagai pihak untuk menyediakan sarana dan prasarana.

(Eka-PGSD UMP)

Gambar 1. Pembicaraan Tim KKN bersama Tim Baperlitbangda Kebumen di ruang tamu.

Gambar 2. Tim KKN UMP saat berkunjung ke Balaidesa Sukomulyo ditemui Sekdes Sukomulyo Suparyono.

Gambar 3. Lokasi yang diharapkan menjadi destinasi wisata air.

 

Tautan

                                                                                 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. K.H Ahmad Dahlan PO BOX 202 Purwokerto 53182
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.