KKN KEBUMEN DIHARAPKAN MEMBANTU SATGAS

 Mahasiswa peserta KKN UMP yang ditempatkan di Kabupaten Kebumen dan Pemalang hari ini Rabu 14 Juli 2021 mengikuti pembekalan hari pertama. Berbeda dengan KKN sebelumnya, pada periode sekarang karena bertepatan dengan kondisi PPKM Darurat maka pembekalan dilaksanakan dengan cara daring, demikian pula dengan pelaksanaan KKNnya.

KKN UMP pada semester gasal tahun 2021 ini tersebar di 6 Kabupaten. Enam kabupaten selain 2 kabupaten yang mengikuti pembekalan hari ini adalah Kabupaten Banjar Jawa Barat, Banajarnegara, Brebes dan Wonosobo. Mahasiswa akanmengikuti pembekalan selama 2 hari yaitu pada tanggal 14 dan 15 Juli dan semua full daring, termasu kegiatan subuh dan praktek kultum yang biasanya dilaksanakan di masjid Ahmad Dahlan UMP, kali ini secara daring.

Pembekalan hari pertama selain diisi dengan prinsip KKN yang disampaikan oleh Ketua LPPM Dr. Suwarno,M.Si, juga mendapatkan gambaran umum daerah yang disampaikan oleh plh Kabid Pemerintahan dan Pemberdayaan Manusia Umi Hajarotun,SIP,MM dan Ketua PDM KH. Muhammad Abduh Hisyam,S.Ag. Umi Hajarotun menyampaikan gambaran wilayah KKN dan Hisyam menyampaikan gambaran keumatan dan sosial yang ada.

Umi Hajarotun menyampaikan bahwa banyak potensi di wilayah KKN yang perlu mendapatkan sentuhan dari mahasiswa untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan potensi ekonominya. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan cara daring misalnya membantu pemasaran secara on line atau mendesain packaging untuk produk-produk yang sudah ada namun masih dijual dengan cara konvensional seperti gula semut, sedangkan kegiatan yang bisa dilakukan secara luring misalnya membantu satgas covid di tingkat kecamatan maupun desa dalam pelaksanaan vaksinasi. Umi mengharapkan agar mahasiswa bisa membantu secara luring jika kondisinya sudah kembali normal dan masih ada waktu dalam melaksanakan KKN.

Pelaksanaan KKN UMP yang akan diterjunkan secara serentak pada tanggal 1 Agustus 2021 di enam Kabupaten akan dilakukan secara daring dengan program yang dirancang mahasiswa melalui survei lokasi. Namun demikian dalam kondisi tertentu jika memungkinkan bisa dilakukan secara luring dengan prokes ketat. Pelaksanaan kegiatan luring dengan memperhatikan perkembangan PPKM darurat yang telah diberlakukan di wilayah Jawa Bali.

(Eka.PGSD UMP)

Gambar 1. Penyaampaian materi oleh Umi Hajarotun yang disampaikan melalui zoom.

 

 

Tautan

                                                                                 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. K.H Ahmad Dahlan PO BOX 202 Purwokerto 53182
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.