Pengumuman

Rekapitulasi Jumlah ...

Rekapitulasi Jumlah ...

Rekapitulasi Jumlah Penelitian...

(Download) Materi So...

Materi sosialisasi Panduan Pen...

Arsip Berita

PELEPASAN PESERTA KKN

PELEPASAN PESERTA KKN

Peserta KKN sejumlah 1428 yang terbagi dalam KKN Internasional,KKN Muhammadiyah...

GERAKAN SUBUH BERJAMAAH DAN KULTUM

GERAKAN SUBUH BERJAMAAH DAN KULTUM

Berbeda dengan KKN sebelumnya, untuk KKN periode semester gasal 2017...

Pembukaan Pembekalan KKN 2017

Pembukaan Pembekalan KKN 2017

Pembekalan KKN periode semester gasal tahun ajaran 2017-2018 secara resmi...

ToT DPL KKN 2017

ToT DPL KKN 2017

Panitia KKN 2017 mengadakan kegiatan ToT bagi DPL KKN Tahun...

PENERIMAAN KKN KABUPATEN KEBUMEN

Hari ini Rabu tanggal 26 Juli 2017 bertempat di Pendopo Kecamatan Gombong dilaksanakan acara penerimaan mahasiswa KKN secara resmi oleh Bupati Kebumen. Sebelum dilakukan acara resmi dilaksanakan pra acara yang diisi hiburan dari grup band SMA Muhammadiyah Gombong. dengan lagu-lagu yang cukup rancak. Serah terima mahasiswa KKN secara resmi diserahkan oleh Rektor UMP Dr. Syamsuhadi Irsyad,SH,MH dan diterima oleh Bupati Kebumen Ir. H. Muh. Yahya Fuad. Pejabat Kabupaten selain Bupati diantara hadir Kabag Kesra dan Muspika idampingi oleh ketua PCM dan PRM serta Kepala Desa, sedang dari UMP selain Rektor juga didampingi Ketua LPPM. Dr.Suwarno,M.Si, dan segenap panitia.

Rektor UMP dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kebumen yang telah membuka peluang kerjasama dengan UMP."Pada periode KKN semester gasal tahun 2017 ini UMP mmeberanagkatkan KKN dalam 3 kelompok, yaitu KKN Internasional,KKN Muhamamdiyah di Sumatera Selatan dan KKN reguler di 5 kabupaten. Slogan Kabupaten Kebumen yang Beriman diharapkan dapat mewarnai mahasiswa UMP yang melaksanakan KKN, sehingga ketika melaksanakan kegiatan dapat berjalan dengan baik", demikian tegasnya. Lebih lanjut disampaikan dengan banyaknya peserta KKN dari berbagai PT di Kebumen maka diharapkan agar mahasiswa UMP dapat meninjolkan kelebihan-kelebihannya yang unggul modern dan Islami.

Bupati Kebumen Ir.H. Yahya Fuad dalam sambutannya menyampaikan mahasiswa KKN kali ini ditempat di desa katagori miskin,kecuali Gombong.Bupati juga mengharapkan agar mahasiswa bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa merokok akan mengurangi pendapatan warga,karena pendapatan yang kecil akan dikurangi untuk biaya rokok yang besar."Mahasiswa juga harus bisa mmeberikan contoh bagaimana menanam dan merawat tanaman yang dapat mmeberikan kontribusi penghasilan", lanjutnya. Bupati juga menyampaikan :"sakit yang dialami masyarakat salah satunya akibat tangan yang kotor saat makan, oleh karena itu mahasiswa harus bisa mmeberikan penerangan bagaimana budaya hidup bersih pada masyarakat. Akhirnya selamat ber KKN, semoga program-program yang dikoordinasikan dengan kecamatan dan desa dapat berhasil dengan baik".(Iswasta Eka)

 

Penyerahan mahasiswa secara simbolis oleh Rektor kepada Bupati Kebumen (foto:Eka2001id)

 

 Pra acara diisi grup band SMA Muhammadiyah Gombong (foto : Eka2001id)

 

PENERIMAAN MAHASISWA KKN 3 KABUPATEN

Hari ini Selasa tanggal 24 Juli 2017 secara resmi dilaksanakan penerimaan mahasiswa KN UMP tahun 2017 di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Cilacap. 

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa KKN untuk Kabupaten Banyumas diadakan di Pendapa Kecamatan Sumpiuh. Peserta KKN Kabupaten Banyumas berjumlah 188 tersebar di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Tambak, Kecamatn Sumpiuh dan Kecamatan Kemranjen. Dalam acara penerimaan ini UMP diwakili oleh Wakil Rektor bidang IV Dr.Jebul Suroso,M.Kes, sedang dari kabupaten diwakili Kabid Dinsos Permades Abdullah Muhammad SH,M.Hum.

Dalam sambutannya Dr.Jebul Suroso,M.Kes mneyampaikan bahwa pelaksanaan KKN periode ini terbagi dalam 3 kelompok yaitu KKN Internasional di Malaysia bekerjasama dengan UTM, KKN Muhammadiyah di Sumatera Selatan dan KKN Reguler di 5 kabupaten. Lebih lanjut disampaikan bahwa mahasiswa peserta KKN yang khas di UMP adalah sudah lulus baca Al Quran. "Hal yang sederhana adalah memanfaatkan potensi yang ada, misalnya memanfaatkan handphone android yang dimiliki mahasiswa untuk mendokumentasikan tempat yang menarik yang bisa menjadi destinasi wisata, sehingga menjadi populer. Itu adalah salah satu program kkn yang bisa menjadi luar biasa", lanjutnya. Lebih lanjut disampaikan "dengan kreativitas yang dimiliki, dikemas dan dilengkapi dengan dukungan teori akan menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, minimal meningkatkan nilai brandingnya".

Abdullah Muhammad,SH.M.Hum, Kadinsos Permades yang mewakili Bupati Banyumas dalam sambutannya menyampaikan dengan mengawali ucapan terima kasih. "Sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma PT, KKN merupakan salah satu cara strategis untuk meningkatkan rasa empati mahasiswa terhadap masyarakatnya sekaligus meningkatkan kreativitas mahasiswa yang dinamis untuk membantu mmeberdsyakan masyarakat. Di sisi lain mahasiswa kkn dapat membantu kelompok masyarakat yang lemah agar menjadi masyarakat yang berdaya", kata Abdullah. Selanjutnya demi lancar ya kegiatan kkn ini maka diminta semua Camat,yaitu Camat Tambak, Camat Sumpiuh dan Camat Kemranjen untuk mmebantu program-program yang dijalankan mahasiswa kkn agar bisa berjalan dengan baik", lanjutnya.

(news:eka2001id) 

 

 

 

 

 

 

 

 

GERAKAN SUBUH BERJAMAAH DAN KULTUM

Berbeda dengan KKN sebelumnya, untuk KKN periode semester gasal 2017 ini ada penguatan materi bidang keagamaan untuk membekali mahasiswa jika sudah berada di lokasi KKN. Salah satu kegiatan penguatan keagamaan selain ceramah dan materi keagamaan juga diisi dengan gerakan subuh berjamaah. kegiatan ini wajib diikuti oleh peserta KKN, dan mahasiswa wajib datang di masjid KHA Dahlan pukul 04.00 untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah dilanjutkan dengan materi keagamaan dari LPPI.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan praktek kultum yang wajib dilakukan setiap mahasiswa dalam kelompok masing-masing. Diharapkan dengan penambahan materi ini mahasiswa akan siap dengan program gerakan subuh berjamaah,khusunya di kabupaten Purbalingga dan kabupaten Kebumen. Mereka juga diharpkan aka siap jika sewaktu-waktu diminta mengisi materi kultum pengajian di desa. Berikut ini  foto latihan kultum yang dilakukan mahasiswa di masjid KHA Dahlan.

PELEPASAN PESERTA KKN

Peserta KKN sejumlah 1428 yang terbagi dalam KKN Internasional,KKN Muhammadiyah dan KKN reguler yang disebar dalam 5 kabupaten 17 kecamatan secara resmi dilepaskan pada hari Sabtu 15 Juli 2017 melalui upacara di halaman Auditorium. Pelepasan KKN periode ini Rektor diwakili oleh Wakil Rektor 2 dan dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Panitia dan segenap DPL.

Dalam smabutannya Ketua LPPM mengharapkan agar para mahasiswa busa membawa nama baik almamater dan berkarya untuk hasil terbaik di lokasi KKN,serta membantu pemberdayaan ranting Muhammadiyah selain masyarakat secara umum,khususnya melalui gerakan subuh berjamaah. Wakil Rektor 2 dalam sambutannya menmabahkan agar mahasiswa dapat menimba ilmu secara langsung di masyarakat selain melaksanakan tugas sebagai peserta KKN, karena disinilah dalam kehidupan nyata mahasiswa akan dianggap sebagai manusia yang serba bisa oleh masyarakat.

Ketua LPPM Dr.Suwarno saat memberikan sambutan

 

 Wakil Rektor 2 memakaikan jaket almamater sebagai tanda pelepasan secara resmi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOORDINASI PELAKSANAAN KKN

Salah satu persiapan panitia KKN menjelang penerjunan adalah koordinasi dengan desa dan PRM sekaligus sebagai sarana sosialisasi yang dilakukan di semua kecamatan lokasi KKN. Ketua LPPM  Dr.Suwarno,M.Si bersama Kordinator Lapangan Cilacap Agung Miftahudin,M.Si dan Pudekdok Drs.Karma Iswasta Eka,M.Si melakukan sosialisasi di Kecamatan Cimanggu pada tanggal 7 Juli 2017 bertempat di SMK Muhammadiyah Cimanggu. Kegiatan sosialisasi dan koordinasi ini dihadiri oleh Ketua PCM, Wakil Ketua PCM bersama Ketua PRM. Hasil sosialisasi memperlihatkan antusiasme warga Muhammadiyah dalam mendukung kegiatan KKN ini yang salah satu kegiatannya adalah pemberdayaan ranting.

Dalam sosialisasi dan koordinasi ini juga disepakati bahwa PRM akan membantu kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa KKN. Disamping itu juga diharapkan bantuan mahasiwa dari fakultas keguruan untuk membantu sekolah,sedang dari fakultas kedoktefan diharapkan membantu pelaksanaan Posyandu. Di luar kedua fakultas itu masih ada bidang garap lainnya yang bisa dikerjakan oleh para mahasiswa. Harapan pihak PCM dan PRM kegiatan ini akan terus berlanjut untuk meningkatkan sinergitas antara warga Muhammadiyah dengan pihak kampus.

 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239